Selasa, 12 Juni 2012

PENGOBATAN NYERI HAID

Beberapa cara pengobatan dibawah ini dapat menghilangkan atau mengurangi nyeri haid yang mengganggu. Cara tersebut antar lain: Obat-obatan, relaksasi, hipnoterapi, dan berbagai alternative pengobatan.
a.    Obat-obatan
Kebanyakan wanitsa dengan dismenore primer untuk mengatasi nyeri haid yang dialaminya mengkonsumsi obat-obat anti peradangan non steroid (NSAID), missal: Ibuprofen, noproksen,dan asam mefenamat. Obat-obatan non steroid bekerja menghambat produksi dan kerja prostaglandin dalam tubuh. Obat ini akan sangat efektif jika mulai diminum 2 hari sebelum menstruasi dan di lanjutkan sampai hari pertama dan kedua menstruasi Selain penggunaan obat-obatan non steroid pil KB digunakan untuk mengurangi dismenore. Pil KB dengan dosis rendah yang mengandung estrogen dan progesteron atau diberikan medroxi progesteron dapat mencegah ovulasi. Pengobatan dengan pil KB tidak di anggap sebagai penggunaan yang tepat,namun hal ini dapat menjadi pengobatan yang sesuai bagi wanita yang ingin menggunakan alat KB berupa pil .
Pada dasarnya pengobatan bagi dismenore sekunder ditangani dengan mengidentifikasi dan mengobati sebab dasarnya.hal itu mmerlukan konsumsi antibiotik atau obat-obat lain tergantung pada kondisi tertentu .
b.    Relaksasi
Relaksasi otot rangka dipercaya dapat menurunkan nyeri dengan merelaksasikan ketegangan otot yang mendukung rasa nyeri.
Tindakan relaksasi dapat dipandang sebagai upaya pembebasan mental dan fisik dari tekanan stress. Dengan relaksasi klien dapat mengubah persepsi terhadap nyeri. Kemampuan dalam melakukan relaksasi fisik dapat menyebabkan relaksasi mental (Tamsuri, 2007).
Dalam kondisi rileks tubuh juga menghentikan produksi hormone adrenalin dan semua hormone yang diperlukan saat kita stres. Karena hormon seks estrogen dan progesteron serta hormone stres adrenalin diproduksi dari blok bangunan kimiawi yang sama. Ketika kita mengurangi stres kita juga telah mengurangi hormone seks tersebut, sehingga relaksasi dapat mengurangi nyeri haid.
c.    Hipnoterapi
Salah satu metode hipnoterapi adalah mengubah pola pikir dari yang negatifke positif.Pendekatan yang umumnya dilakukan adalah memunculkan pikiran bawah sadar agar penyebab dapat diketahui dengan benar.
Caranya adalah rilekskan tubuh dengan terlentang di atas tempat tidur dengan kedua tangan berada disamping tubuh. Non aktifkan pikiran. Dengan mata yang terpejam, sadari kondisi saat itu. Setelah benar-benar rileks dan nyaman pelan-pelan instruksikan pada diri sendiri sebuah perintah yang berbunyi, “rasa sakit yang biasanya datang saaat menstruasi, hilang”. Ucapkan kalimat itu berulang-ulang dan meyakini bahwa hal itu pasti terjadi. Kemudian buka mata maka anda akan merasa segar dan nyaman, dan pikiran terasa lepas dari beban.
Instruksi itu dengan sendirinya menunjukkan pola pikir yang telah berubah. Menstruasi itu tidak harus sakit. Selama ini orang berasumsi  menstruasi itu sakit, pola pikir yang demikian membuat rasa nyeri saat menstruasi yang sebetulnya rasa nyeri itu tidak timbul.
d.  Alternatif pengobatan lain
Dalam mengatasi nyeri haid terdapat alternatif pengobatan lain selain obat, relaksasi, dan hipnoterapi seperti: kompres air hangat, olahraga teratur,terapi visualisasi,aroma terapi dan pemijatan(masase), dan lain-lain.
1)    Kompres air hangat
    Kompres hangat merupakan suatu cara memberi rasa hangat pada klien dengan menggunakan heating pad (bantal pemanas), kompres dengan handuk atau botol yang berisi air hangat di perut dan punggung bawah. serta dapat pula dilakukan dengan cara berendam dalam air hangat.  
2)    Olahraga yang teratur
    Olah raga yang teratur selain dapat mengurangi nyeri juga dapat meningkatkan endorfin otak, dimana endorfin merupakan penawar sakit alami tubuh.
3)    Terapi visualisasi
    Terapa visualisasi yaitu visualisasi konsentrasi pada warna sakit sampai mencapai panguasaan atas nyeri.yang nantinya akan mengurangi nyeri tersebut.
4)    Aroma terapi dan pemijatan (masase)
    Aroma terapi dan pemijatan juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman.Pijatan yang ringan dan melingkar dengan menggunakan telunjuk pada perut bagian bawah akan membantu mengurangi nyeri haid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar