Nilai pendidikan adalah suatu yang diyakini kebenarannya dan mendorong orang untuk berbuat positif di dalam kehidupannya sendiri atau bermasyarakat. Sehingga nilai pendidikan dalam karya sastra disini yang dimaksud adalah nilai-nilai yang bertujuan mendidik seseorang atau individu agar menjadi manusia yang baik dalam arti berpendidikan. Nilai pendidikan dalam karya sastra dibedakan atas empat macam yaitu: nilai moral, nilai kebenaran, nilai keindahan, dan nilai religius.
1.
Nilai
moral
Moral
adalah ajaran tentang baik buruk yang diterima mengenai perbuatan, sikap,
berkewajiban dan sebagainya. Moral dapat pula disebut dengan akhlak budi
pekerti dan susila. Untuk mencapai keutamaan seorang anak harus memiliki sikap
sebagai berikut:
a.
Suka
menolong
Suka menolong adalah kebiasaan
menolong dan membantu orang lain. Kebiasaan menolong ini juga merupakan suatu
perilaku yang dapat ditanamkan dengan selalu siap mengulurkan tangan dan dengan
cara aktif mencari kesempatan untuk menyumbang.
b.
Keteguhan
hati dan Komitmen
Keteguhan hati dan komitmen
adalah pendidikan moral yang baik untuk membentuk mental yang positif. Komitmen
membuat seseorang bertahan dalam mencapai cita-cita, pekerjaan seseorang dan orang
lain. Komitmen merupakan janji yang dipegang teguh terhadap keyakinan dan
memberi dukungan serta setia kepada keluarga dan teman. Keteguhan hati dapat
membuat seseorang menncapai citacitanya
c.
Kerjasama
Kerjasama adalah menggabungkan
tenaga seseorang dengan tenaga orang lain untuk bekerja demi mencapai tujuan
umum. Melalui kerjasama kita dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan
lebih mudah dari pada dikerjakan sendiri, ditambah pula dengan kegembiraan
setiap orang karena bisa berbagi pekerjaan.
d.
Kepedulian
dan empati
Kepedulian dan empati didasarkan
pada pemahaman perasaan diri sendiri dan memahami orang lain. Kepedulian dan
empati adalah cara kita menanggapi perasaan, pikiran, dan pengalaman orang lain
karena kita secara alami merasakan kepedulian terahadap sesama agar berupaya
mengenali pribadi orang lain dan keinginan membantu orang lain yang sedang
dalam keadaan susah. Melalui empati, seseorang mengenali rasa kemanusiaan terhadap
diri sendiri ataupun orang lain.
e.
Humor
Humor adalah kemampuan untuk
merasakan dan menanggapi komedi dalam dunia seseorang dan dalam din kita
sendiri. Dengan humor dapat membuat cerah, senang dalam kehidupan sehari-hari
dalam situasi yang menggelikan.
f.
Tanggung
jawab
Tanggung jawab adalah perilaku
yang menentukan seseorang bereaksi terhadap situasi setiap hari yang memerlukan
beberapa keputusan.
2.
Nilai
keindahan
Nilai
keindahan adalah nilai yang bersumber pada rasa manusia (perasaan, estetis).
Pendidikan keindahan bertujuan agar semua anak mempunyai rasa keharuan terhadap
keindahan, mempunyaiselera terhadap keindahan, dan selanjutnya dapat menikmati
keindahan
3.
Nilai
religius
Nilai
religius merupakan nilai ke-Tuhanan, kerohanian yang tinggi dan mutlak
bersumber dan keyakinan dan kepercayaan manusia terhadap Tuhannya. Sikap
religius ini mencakup segala pengertian yang bersifat adikodrati. Nilai
religius ini merupakan nilainilai pusat yang terdapat di masyarakat.
4.
Nilai
Kebenaran
Nilai
kebenaran adalah nilai yang bersumber pada arah yang baik,benar. Pendidikan
kebenaran selalu mempunyai rasa pembelaan trrhadap arah yang benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar