Jumat, 04 Mei 2012

Sejarah Kalender Bayi China


a.      Definisi
Suatu metode / cara penentuan jenis kelamin bayi dari China yang yang dapat diprediksikan jauh sebelum bayi lahir dari mengamati usia ibu dan bulan konsepsi ibu yang selanjutnya dapat dilihat berdasarkan tabel jenis kelamin bayi  (Hendri, 2011).
Tabel bayi Cina yang merupakan ciptaan ahli kedokteran Cina yang telah lama dipakai oleh bangsa Cina untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang tengah di kandung atau sebagai acuan untuk memilih jenis kelamin bayi yang di inginkan. (posted,2011).
Metode yang kuno berumur ratusan tahun ditemukan para ilmuwan cina di dekat Beijing Cina berupa naskah yang memuat kalender prediksi jenis kelamin anak yang kemudian diteliti dan disesuaikan dengan system penanggalan saat ini.(Kurniadi,2011)
b.      Asal – usul
Chinagold Baby Chart ditemukan didekat makam raja Peking China Kuno sekitar 700 tahun yang lalu tabel jenis kelamin sudah ada. Namun baru belakangan ini ditemukan, tabel tersebut dapat memperkirakan jenis kelamin bayi yang akan lahir berdasarkan usia ibu dan bulan konsepsi. Tapi kita bisa mengamati umur ibu saat mulai konsepsi dari tabel dan mulai mengikuti bulannya, kita bisa menentukan bulan konsepsi ibu dari siklus menstruasi ibu. Saat ovulasi merupakan masa paling subur seorang wanita. Masa ovulasi = hari pertama haid terakhir [HPHT] + siklus menstruasi.Maka akan mendapatkan bulan konsepsi dan selanjutnya bayi dapat mulai digambarkan walau hanya memprediksi jenis kelamin saja (hendri,2011)
c.       Efektifitas Chinagold Baby Chart
Tabel Chinagold Baby Chart mulai dikembangkan secara asli (original) oleh Institut Ilmu Pengetahuan di Peking. Kesuksesan penggunaan tabel tersebut dapat dibuktikan oleh 1000 orang dan hasilnya 90 % sukses dan memiliki keakuratan hingga 66,5 % (Hendri,2011).
Berdasarkan 24718 survey data yang masuk, menunjukkan bahwa 4144 survey data  mengungkapkan kebenaran adanya penelitian tentang penentuan jenis kelamin bayi berdasar pada tanggal/date konsepsi ibu dengan persentase yang akurat adalah 66,5 % sukses menilai untuk Tabel Bayi China (Chinagold baby chart). Dengan penggunaan hasil survey itu 4144 tanggapan kepada Tabel Bayi China yang asli berdasar pada tanggal/date konsepsi ibu terbukti dapat meramal 12 jenis kelamin bayi yang diinginkan oleh suatu pasangan (hendri,2011)


d.      Keuntungan
1)      Tingkat keakuratannya hingga 66,5 %
2)      Dapat dilakukan sendiri  dengan mengetahui haid pertama, siklus haid, usia ibu, dan masa subur 
3)      Tanpa ada unsur pemeriksaan dalam
4)      Tidak dapat mengganggu kesehatan (Hendri,2011)
e.       Kerugian
1)      Ibu harus mengetahui siklus haidnya
2)      Ibu harus mengetahui kapan haid terakhir haid pertamanya (HPHT)
3)      Ibu harus ingat usianya secara pasti. (posted,2011)
f.       Cara penggunaan
Sebelumnya ibu harus tahu kapan masa ovulasinya (masa subur), untuk mengetahui masa suburnya ibu harus ingat kapan haid pertama haid terakhirnya, siklus haidnya yang kemudian dapat dirumuskan sebagai berikut: Masa ovulasi = hari pertama haid terakhir [HPHT] + siklus menstruasi (Hendri.2011)
Setelah ibu mengetahui kapan masa ovulasi (masa suburnya) ibu harus tahu usianya yang kemudian ditarik garis dan dapat diamati dalam chinagold baby chart.
Tabel Chinese Baby Chart dapat dilihat dengan cara:
1)      Umur ibu dapat dilihat dengan menarik garis secara vertical
2)      Bulan konsepsi ibu dapat dilihat dengan menarik garis secara   horizontal
Tabel ini memiliki beberapa bagian, pada arah horizontal terdapat usia ibu saat melakukan konsepsi (dimulai dari usia 18 sampai 45 tahun). Pada arah vertikal terdapat bulan dimana dilakukan konsepsi (dari bulan januari sampai bulan desember). Didalam tabel  terdapat simbol – simbol yang melambangkan jenis kelamin bayi yaitu laki – laki dan perempuan dengan warna yang berbeda (Hendri,2011)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar